Rabu, 27 Januari 2016

Stadion dengan Kolam Air dan Cincin Api Ada di Jepang

\Stadion dengan Kolam Air dan Cincin Api Ada di Jepang\
Arsitek lokal asal Jepang, Tokujin Yoshioka berhasil membuat rancangan untuk stadion Olimpiade Tokyo 2020. Namun sayang, desain karya Yoshioka itu tidak diikut sertakan dalam kompetisi desain stadion terbaru di Jepang belum lama ini.
Dikutip dari Dezeen, Rabu (27/1/2016), rancangan Yoshioka tidak ikut serta dalam kompetisi, sebab anggaran untuk proses konstruksinya dianggap tidak memenuhi kriteria yang ditentukan.
Namun, terlepas dari hal itu, desain stadion yang diajukan oleh Yoshioka tergolong unik. Dia merancang stadion berbentuk cincin dengan kolam air yang ditempatkan di atap stadion.
Jika bangunan itu jadi, ini menjadi satu-satunya yang ada di dunia stadion dengan atap kolam air. Selain itu, kolam tersebut dapat berubah menjadi arena ice skating saat musim dingin.
Dalam proposal, Yoshioka juga membuat kolam air dapat menyemburkan cincin api di tengah-tengah kolam tersebut.
"Pengunjung dapat menikmati joging dan berjalan-jalan di tepi air yang tenang di atas stadion, dan di tengah kehijauan kebun luar," jelas Yoshioka.
Kendati tidak terpilih untuk jadikan sebagai desain stadion Olimpiade 2020, Yoshioka tetap berharap agar rancangannya ini dapat direalisasikan di tempat lain. Baik di Jepang maupun di negara lain.

source: okezone 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar