Jumat, 22 Januari 2016

Kuil di Jepang dengan Gerbang Unik Menuju Laut


Nagato - Kuil di Jepang dikenal dengan gerbang merah yang bernama torii. Uniknya, ada sebuah kuil di Jepang yang punya gerbang memanjang ke laut.

Kota Nagato di Prefektur Yamaguchi dikenal dengan Kuil Motonosumi Inari yang unik. Dilansir detikTravel dari situs Badan Pariwisata Nasional Jepang (JNTO), Jumat (22/1/2016) keunikan ada pada gerbang merah atau torii yang berbaris memanjang menghadap laut.

Konon kuil tersebut menjadi rumah dari roh suci yang terbagi dari Kuil Taikodani Inari di Prefektur Shimane 60 tahun silam. Sedangkan menurut kisah setempat, kuil tersebut awalnya berasal dari mimpi seorang nelayan yang diperintahkan untuk membangun kuil di lokasi tersebut oleh dewa dalam wujud musang putih.

Uniknya, terdapat 123 gerbang merah atau torii khas agama Shinto yang memanjang dari kuil menuju tepi Laut Jepang. Secara keseluruhan ada 123 torii yang dimulai dari kuil dan memanjang hingga sekitar 100 meter.

Kotak persembahan di atas gerbang kuil (JNTO)

Tepat di gerbang pertama, traveler dapat melihat kotak persembahan yang digantung di atasnya. Hal itu berbeda dengan kebanyakan kotak persembahan yang biasanya ditaruh di daratan. Konon traveler yang berhasil melempar koin ke dalam kotak persembahan itu akan dikabulkan doanya.

Oleh sebab itu tidak sedikit traveler yang datang dan mencoba melempar koin. Doanya pun bervariasi dari ingin segera punya momongan hingga sukses pada karir hingga sekolah.

Usai mencoba melempar koin dan memanjatkan doa, turunlah melewati 123 gerbang kuil menuju ujungnya. Di akhir gerbang Anda dapat melihat pemandangan Laut Jepang yang menghampar dengan begitu indah. Deburan ombak yang menghantam batu karang pun seakan menimbulkan efek dramatis layaknya geyser.



Geyser alami di ujung gerbang (JNTO)

Bahkan saking dramatisnya, traveler menyebut fenomena tersebut dengan 'Ryugu no Shiofuki' atau 'air mancur naga istana.' Bukan tanpa alasan, air ombak yang memasuki lubang di tebingnya dapat menyembur setinggi 30 meter pada waktu tertentu yang tampak seperti naga.

Cara ke sana:

Traveler dapat pergi ke Kuil Motonosumi Inari dengan terlebih dulu menuju ke Stasiun Nagato Furuichi. Dari stasiun traveler bisa naik taksi sekitar 10 menit atau berjalan kaki menuju kuil.
Source : Detik Travel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar