Jumat, 30 Oktober 2015

Ternyata permainan ini seru juga

Di Jepang ada sebuah permainan unik. Permainan ini seperti permainan tradisional pada umumnya yaitu petak umpet. Namun beranikah kamu, jika permainan petak umpet ini dilakukan bukan bersama teman sebayamu, melainkan bersama hantu?

Hitori Kakurenbo adalah nama permainan ini. Permainan ini disebut permainan petak umpet untuk orang dewasa, ya karena hanya orang dewasa yang akan berani bermain petak umpet bersama hantu. Permainan ini, digunakan di Jepang sebagai ritual berkomunikasi dengan roh untuk berbagai keperluan, boneka digunakan dalam permainan ini sebagai media.

Seperti jelangkung kah? Oh ternyata tidak. Permainan Hitori Kakurenbo ini bahkan lebih mengerikan dan sangat berbahaya. Begini cara bermain Hitori Kakurenbo:

Pertama-tama kamu harus menyiapkan sebuah boneka, benang merah, potongan kuku atau tetes darahmu, pisau atau alat tajam lainnya, beras, gelas berisi air garam, dan rumah kosong. Rumah kosong di sini maksudnya bukan rumah yang tidak ditinggali ya, tapi rumah yang hanya diisi oleh kamu yang ingin bermain. Tutup semua pintu, jendela, dan tirai. Matikan semua lampu.

Lalu nyalakan TV atur dalam mode statis atau layar semut sehingga menimbulkan suara berisik saja. Sayat boneka dan keluarkan kapasnya untuk memasukkan beras dan potongan kuku atau darah ke dalamnya, beri nama boneka tersebut sesuai keinginanmu, jahit sayatan dengan benang merah. Benang ini dipercaya dalam budaya Jepang sebagai perlambang nadi manusia. Isi bak mandi atau wastafel dengan air

Katakan “(nama boneka) jadi yang jaga pertama!” sebanyak tiga kali lalu pergilah keluar kamar mandi, setelah menunggu beberapa saat, kembalilah menemui boneka itu lalu tusuk-tusukan pisau pada badan boneka yang telah kau isi beras, potongan kuku atau darahmu tadi lalu katakan “ketemu..ketemu, aku menang!”.

Setelah itu sekarang giliranmu yang akan dicari olehnya, “katakan (nama kamu) jadi yang kedua!” lalu lemparkan boneka ke dalam bak mandi atau wastafel. Setelah itu segeralah bersembunyi! Jangan lupa simpan air garam dimulutmu untuk nantinya kau semburkan pada boneka itu. Karena hanya itulah yang akan menyelamatkanmu saat boneka roh tadi telah menemukan persembunyianmu. Atau kau mau ditusuk-tusuk juga?

Nah di sinilah sesuatu yang mengerikan mulai terjadi. Selama kamu menunggu akan terdengar suara-suara di luar tempat persembunyianmu. Suara-suara tersebut biasanya berupa langkah kaki yang berat, suara TV yang berpindah-pindah saluran, suara barang digeser, dan lain-lain. Berbagai sumber mengatakan, jangan pernah mencoba keluar dari persembunyianmu karena sangat berbahaya!
Begitu kau menemukan boneka yang sedang berjalan-jalan mencarimu, segera semburkan air garam yang disimpan dimulutmu, lalu berteriaklah “Aku menang!” sebanyak tiga kali. Potong benang merah pada boneka tersebut dan bakar bonekanya sampai habis maka permainan selesai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar