Jumat, 11 Maret 2016

Surat dari Kedutaan Besar Jepang untuk Pemerintah Indonesia

Lima tahun telah berlalu sejak terjadinya bencana gempa dahsyat dan tsunami besar yang menimbulkan banyak korban serta kerugian yang luar biasa pada 11 Maret 2011.
Sesaat setelah terjadinya bencana tersebut, pemerintah Indonesia langsung menyatakan simpati serta dukungannya yang segera disusul dengan pengiriman tim Satuan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (SRC-PB) serta berbagai bantuan berupa barang siap pakai maupun dana. Selain itu, yang juga tidak kalah penting adalah mengalirnya dukungan dan simpati yang luar biasa dari berbagai kalangan masyarakat Indonesia baik moril maupun materil yang tidak ternilai harganya. Semua kehangatan persahabatan serta dukungan yang disampaikan dengan tulus tersebut sungguh menjadi dorongan semangat bagi para korban serta masyarakat Jepang secara keseluruhan untuk bangkit kembali.
Pada peringatan 5 tahun terjadinya bencana ini, mewakili pemerintah dan masyarakat Jepang, saya ingin sekali lagi menyampaikan terima kasih yang setulus-tulusnya atas segala bantuan dan dukungan hangat dari masyarakat Indonesia. Dukungan tulus dari pemerintah dan masyarakat Indonesia tidak akan kami lupakan karena hal tersebut sungguh berperan besar dalam memberi semangat bagi warga di wilayah Tohoku untuk bangkit dan segera melangkah maju menjalankan upaya rekonstruksi. Jika ada kesempatan, kami ingin para sahabat Indonesia datang dan melihat sendiri sejauh mana wilayah Tohoku telah bangkit kembali.
Beberapa waktu yang lalu, PBB telah menetapkan 5 November sebagai “Hari Tsunami Internasional” yang diusulkan oleh 142 negara terutama Jepang dan Indonesia dengan harapan masyarakat dunia dapat belajar dari pengalaman dan menyadari pentingnya penanggulangan bencana. Dengan bekerjasama dengan Indonesia yang pernah mengalami bencana gempa dan tsunami yang melanda Perairan Sumatera, Jepang akan berbagi pengalaman di bidang penanggulangan dan penanganan bencana kepada masyarakat internasional.
source: Today Idol 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar